Friday 11 September 2015

Cara Upload Program pada PLC Siemens S7-400H

PLC S7-400H merupakan salah satu produk dari siemens yang bisa kita gunakan untuk keperluan projek kendali kita. PLC S7-400H merupakan tipe PLC yang fault tolerant, dimana dia bisa menggunakan dua CPU dan dua Power supply dalam penggunaannya sehingga dia lebih aman karena jika salah satu CPU bermasalah atau off maka CPU standby akan menggantikannya (Fail Over).


PLC S7-400H yang dipasang redundant

Foto PLC diatas merupakan salah satu PLC yang berada di tim saya. PLC ini juga yang banyak memberikan saya pelajaran sehingga sedikit demi sedikit saya mengenal cara menggunakan PLC S7-400H ini.
Oke, untuk postingan ini saya akan berbagi bagaimana cara upload (mengambil ) program/projek yang sudah ditanamkan pada PLC S7-400H. Tentunya bagi orang yang belum pernah melakukannya akan merasa kesulitan sehingga tidak mustahil dia malah akan melakukan kesalahan yang bisa berakibat fatal bagi PLC nya.

Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan :

1. Persiapan peralatan yang diperlukan
Sebelum melakukannya, mari siapkan terlebih dahulu PC/Laptop yang akan digunakan untuk mengambil program/projek pada PLC yang sedang running dan tentunya sudah terisi program simatic managernya. Selanjutnya persiapkan juga kabel yang akan digunakan untuk menghubungkan PLC dengan PC/Laptop kita, dalam hal ini saya menggunakan kabel MPI to USB buatan siemens sendiri.

2. Hubungkan kabel MPI ke PLC
langkah selanjutnya yaitu menghubungkan PC/laptop kita ke PLC menggunakan kabel MPI to USB. Dalam menghubungkannya, perhatikan port MPI yang terdapat pada CPU PLC.

3. Buka software Simatic Manager



setelah software simatic manager dibuka, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

4. Konfigurasi set PG/PC interface


Sebelum melakukan upload program/projek, pastikan dahulu konfigurasi PG/PC interface nya sudah sesuai dengan kabel koneksi yang kita gunakan. langkahnya yaitu pilih option- set PG/PC Interface maka setelah kita klik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini




5. Upload program/projek

Setelah itu kita pilih new projek dan masukan nama projek sesuai keinginan kita

 

lau itu kita pilih rack dan slot sesuai CPU PLC kita terpasang, setelah itu klik view, jika setelah klik view tidak muncul CPU yang akan kita ambil programnya maka kemungkinan kita salah memasukan nilai rack dan slotnya. oleh karena itu, cek kembali dan ganti dengan yang benar. Selanjutnya jika sudah benar maka akan muncul CPU yang programnya akan kita ambil, lalu klik OK, dan selesai !!!

INI CERITAKU, APA CERITAMU ??







1 comment:

  1. Bos PLC saya monitornya rusak,gimana caranya klo kita mau mengantikan monitornya dengan laptop atau pc,saya sudh coba dgn kabel serial rs232 status udh detect divice,tp bingung mau ngapain lagi,mohon pencerahanny bos

    ReplyDelete